Rabu, 09 November 2016

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen )

| Rabu, 09 November 2016
Cara Membuat Bakso Sapi - Bakso sapi ini kenyal dan lembut, saya memakai daging frozen. Untuk kuah, lebih enak jika memakai tulang sapi. Sayang sekali di sini susah cari tulang sapi yang halal, ada juga tapi jauh dari kota saya tinggal. Harus setir mobil selama 1,5 jam. 

Jadi saya tidak memakai air rebusan tulang2 sapi untuk kuah bakso ini, tapi memakai air rebusan bulat2an bakso Resep bakso ini untuk memeriahkan event cookpad "kreasi daging Qurban"




Bahan-bahan

500 gram daging (saya pakai bagian scotch fillet)
70 gram tepung tapioka(sekitar 5 sdm)
100 gram es serut (sekitar 8 sdm)
2 sdt garam
1 sdt merica
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 butir putih telur
1 sdt baking powder
3000 ml air,untuk merebus bakso
bahan kuah:
2500 ml (diambil dari kuah bekas merebus bakso)
1 bongkah bawang putih (11-12 siung)
1 batang seledri,utuh
1 batang daun bawang, utuh
1 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk sapi
pelengkap:
1 buah mie kuning (70 gram)
2 buah mie putih (120 gram)
1 sdm bawang merah goreng
1 batang seledri, iris halus
1 batang daun bawang, iris halus
secukupnya pakcoy, bisa pakai sawi hijau
secukupnya saos dan kecap
secukupnya sambal
bahan sambal: (rebus dan haluskan)
15-20 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih

Langkah


  1. Siapkan semua bahan 1. Bahan bakso 2. Bahan kuah 3. Bahan pelengkap bakso
  2. Potong2 daging, tujuannya agar mudah dihaluskan. Lalu masukkan ke dalam food processor, giling bersama es serut hingga halus. Lalu tambahkan putih telur, tepung tapioka, garam, merica, bp dan bawang putih halus. Giling lagi sampai tercampur rata dan bener2 halus. Nb: saya pernah membuat lagi dan sebelum dibentuk saya taruh dimangkok lalu saya tutup pakai plastik kemudian saya masukkan ke kulkas 30-45 menit, hasilnya bakso lebih kenyal.
  3. Bentuk bulat seperti ini. Ambil adonan, taruh ditelapak tangan lalu genggam dan dikeluarin diatara ganggaman jari telunjuk dan ibu jari. Ribett bangett bahasa saya 🙈
  4. Didihkan air lalu masukkan bola2 daging, kecilkan api, biarkan bola2 daging mengapung. Siap diangkat.
  5. Tumis bumbu halus, tambahkan gula garam dan kaldu bubuk. ambil air sisa rebusan bola2 bakso sebanyak 2500ml lalu tuang kedalam tumisan bumbu, tambahkan daun seledri dan daun bawang. Biarkan mendidih. Cicipi rasa, angkat. Note: jika mau kuah tanpa sisa2 bumbu, silakan disaring.
  6. Sajikan bersama pelengkapnya.Tata mie putih dan mie kuning di mangkok, tata bakso di atasnya, beri pakcoy, daun bawang, seledri lalu tuang kuah bakso, taburi bawang goreng, beri sambal, kecap dan saos. Siap dihidangkan
Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen ) semoga bisa bermanfaat.

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen ) Reviewed by Kongyit™ Media On Rabu, 09 November 2016

thumbnailSaat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen )" by Kongyit™ Media pada hari Rabu, 09 November 2016 waktu 14.56, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen ) ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal ( Memakai Daging Frozen ) yang ada di blog Kongyit™ Media ini bisa bermanfaat bagi semuanya.


Related Posts