Minggu, 11 September 2016

Sungguh Tragis Akhir Hidup Wanita Pertama yang Jalani Cangkok Wajah

| Minggu, 11 September 2016


Isabelle Dinoire pernah menggemparkan dunia karena menjadi wanita pertama di dunia yang menjalani transplantasi wajah tahun 2005. Saat itu, transplantasi wajah pada wanita asal Perancis tersebut terbilang sukses. Ia menerima cangkok wajah yang terdiri dari hidung, bibir, dan dagu dari donor.

Dalam cerita masa lalunya, suatu kali Isabelle meminum banyak obat-obatan dalam upaya bunuh diri. Namun, saat itu ia hanya jatuh pingsan. Ketika siuman, Isabelle sudah mendapati wajahnya berlumuran darah. Ia diserang oleh anjing labrador.

Kondisi wajah Isabelle hancur. Hingga akhirnya, Isabelle menyetujui prosedur transplantasi wajah untuk dirinya. Waktu itu, transplantasi wajah menjadi perdebatan sengit karena menyangkut etika.

Operasi Isabelle dipimpin oleh Jean-Michel Dubernard, seorang ahli bedah terkenal di dunia dari rumah sakit Edouard Herriot dan Devauchelle seorang ahli operasi wajah.

Dubernard sendiri pernah melakukan transplantasi tangan pertama di dunia pada September 1998. Tahun 2000, Dubernard kembali mengulang kesuksesan untuk transplantasi tangan ganda pertama di dunia dan transplantasi lengan.

Tiga bulan setelah operasi, Isabelle sempat muncul di media. Wanita bermata biru itu menggunakan make up tebal untuk menyamarkan bekas operasi. Bibirnya masih terasa berat untuk digerakkan dan berbicara dengan cadel.

"Setelah operasi, saya kembali memiliki wajah. Saya dapat dapat melanjutkan kehidupan normal," kata Isabelle.

Salah satu ahli bedah yang ikut dalam operasi, Sylvie Testelin mengatakan, transplantasi wajah memang telah membuat hidup Isabelle berubah. "Dia bisa pergi belanja, pergi berlibur. Sebelumnya ia takut dengan dirinya sendiri dan seolah tak mengenali dirinya," kata Sylvie.

Namun, kebahagiaan Isabelle tak berlangsung lama. Pada tahun lalu mulai terjadi penolakan terhadap organ yang dicangkokkan di wajahnya. Untuk mencegah penolakan dari tubuh, Isabelle minum obat yang memiliki efek samping meningkatkan risiko kanker.

Kebahagiaan Isabelle dengan wajah barunya akhirnya tak bertahan lama. Ia pun terkena kanker dan meninggal dunia.

Sungguh Tragis Akhir Hidup Wanita Pertama yang Jalani Cangkok Wajah Reviewed by Kongyit™ Media On Minggu, 11 September 2016

thumbnailSaat ini kamu sedang membaca artikel "Sungguh Tragis Akhir Hidup Wanita Pertama yang Jalani Cangkok Wajah" by Kongyit™ Media pada hari Minggu, 11 September 2016 waktu 19.51, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Sungguh Tragis Akhir Hidup Wanita Pertama yang Jalani Cangkok Wajah ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Sungguh Tragis Akhir Hidup Wanita Pertama yang Jalani Cangkok Wajah yang ada di blog Kongyit™ Media ini bisa bermanfaat bagi semuanya.


Related Posts