Minggu, 18 September 2016

Inilah 8 Makanan Yang Tidak Pernah Bisa Kadaluarsa

| Minggu, 18 September 2016
Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran".

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Kamis (15/09/16) yang mengatakan, orang sering menyimpan makanan dan lupa memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Begitu dibutuhkan kita baru sadar makanan tersebut tidak bisa digunakan lagi. Kalau mau simpan makanan tanpa khawatir kadaluarsa, pilih makanan ini!

1. Madu



Madu disebut makanan yang benar-benar tahan rusak "selamanya". Penyebabnya kandungan zat kimia dan pekerjaan para lebah. Sari bunga dicampur dengan ensim yang ada di tubuh lebah menghasilkan gula yang mengandung asam berkadar tinggi dan kelembaban sangat rendah. Ini tidak memungkinkan bakteri untuk tumbuh.

2. Beras Putih



Hasil penelitian menunjukkan, beras putih tetap mempertahankan kandungan nutrisi dan rasanya selama 30 tahun, jika disimpan di tempat yang bebas oksigen dalam suhu di bawah 4,5° Celcius. Tapi beras coklat (foto) hanya tahan sekitar enam bulan karena minyak yang ada di bagian luarnya.

3. Garam



Sodium chloride adalah mineral yang berasal dari tanah. Jadi sifatnya yang tahan lama tidak mengherankan. Garam juga lazim digunakan untuk mengawetkan makanan, atau jenasah, karena menurunkan kelembaban. Tapi garam di dapur Anda mungkin tidak tahan lama. Pasalnya imbuhan yodium pada garam menurunkan ketahanannya jadi hanya sekitar 5 tahun.

4. Kecap



Ada yang bilang tergantung mereknya. Tapi secara umum, kecap asin "berumur panjang", karena kandungan garam di dalamnya. Terutama jika kemasannya tidak dibuka. Jika telah dibuka, kecap tetap tahan lama jika ditempatkan di kulkas.

5. Gula



Seperti banyak makanan lain yang bisa tahan lama, cara penyimpanan ikut menentukan. Gula bubuk dan gula pasir paling baik jika disimpan di wadah yang kedap udara, sehingga kelembaban tidak dapat masuk. Namun demikian, produsen selalu diwajibkan mencantumkan tanggal kadaluarsa.

6. Kacang-kacangan Kering



Setelah 30 tahun kualitas kacang kering menurun. Tapi dari penelitian sejauh ini ditarik kesimpulan, kacang kering yang sudah "tua" tetap bisa dikonsumsi. Kadar proteinnya juga tidak menurun.

7. Cuka Putih



Cuka putih tidak akan pernah rusak. Tetap "segar" dan bisa terus digunakan untuk membumbui makanan, membuat saus, juga untuk membersihkan perkakas rumah tangga.

8. Sari Vanili



Karena kandungan alkoholnya, sari vanili selalu segar. Rasanya juga tidak berubah jika disimpan dengan baik. Jika ingin menyimpan untuk persediaan sebaiknya beli yang berkualitas baik dengan harga mahal, dan tidak punya tanggal kadaluarsa.

Itulah beberapa makanan yang tahan terhadap kondisi pembusukan yang biasa disebut dengan kadaluarsa. Jika kita menyimpan makanan diatas dengan benar dan sehat makanan tersebut akan lebih awet dan tahan lama.


Inilah 8 Makanan Yang Tidak Pernah Bisa Kadaluarsa Reviewed by Kongyit™ Media On Minggu, 18 September 2016

thumbnailSaat ini kamu sedang membaca artikel "Inilah 8 Makanan Yang Tidak Pernah Bisa Kadaluarsa" by Kongyit™ Media pada hari Minggu, 18 September 2016 waktu 17.04, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Inilah 8 Makanan Yang Tidak Pernah Bisa Kadaluarsa ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Inilah 8 Makanan Yang Tidak Pernah Bisa Kadaluarsa yang ada di blog Kongyit™ Media ini bisa bermanfaat bagi semuanya.


Related Posts