News Update :

Para Wajib Tahu Bahwa 6 Karbohidrat Sehat Bikin Tubuh Tetap Langsing

Thursday, September 29, 2016 2:51 AM




Karbohidrat, seperti banyak diketahui, merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan  mengkonversinya menjadi glukosa yang kemudian dimanfaatkan untuk bahan bakar sel-sel otak dan otot.
Tapi tidak sedikit juga banyak orang yang menghindari karbohidrat, karena diyakini juga sebagai penyebab bertambahnya berat badan. Sehingga banyak orang menghindari makan nasi, atau bahkan roti hanya untuk menjaga berat badannya.
Padahal, karbohidrat tidak selalu dihindari. Ada beberapa karbohidrat sehat yang aman dikonsumsi dan akan tetap menjaga berat badan. Seperti dilansir dari Timesofindia, berikut sumber karbohidrat sehat yang baik untuk tubuh dan menjaga badan tetap langsing:
Buncis
Jika sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, buncis harus masuk dalam menu diet. Ini karena buncis memiliki nilai indeks glikemik yang rendah  dan juga membantu menahan rasa lapar. Buncis juga diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat.
Ubi jalar
Ubi jalar memiliki pati sederhana dan karbohidrat kompleks.  Selain tinggi akan serat, ubi jalar juga kaya  beta-karoten, dan banyak mengandung vitamin.  Mereka juga dianggap sumber makanan saat sedang menjalani perawatan.
Gandum
Banyak orang memilih oatmeal sebagai sarapan utamanya.  Oat memang memiliki manfaat yang serbaguna, terdiri dari serat dan super beta-glucan, oat mampu membantu menurunkan kolesterol. Oat juga dicerna perlahan oleh tubuh, sehinga membuat kenyang lebih lama. 
Pisang
Pisang mungkin bukan makanan yang populer untuk menurunkan berat badan, tetapi banyak yang tidak menyadari manfaat dari buah berwarna kuning ini. Pisang adalah makanan ringan  terbaik dan  sarat dengan karbohidrat cepat bertindak. Pisang merupakan sumbet utama dari vitamin B6, kalium dan serat. Bahkan, pisang matang juga dipercaya mencegah kanker.
Kacang polong
Banyak orang menghindari kacang polong karena lebih tinggi karbohidrat dan gula dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tetapi jangan lupa bahwa itu adalah sumber yang sempurna dari fitonutrien dan memiliki anti-inflamasi dan anti-oksidan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu membantu mencegah kanker perut.
Yogurt
Ahli gizi di seluruh dunia telah banyan berbicara tentang kebaikan yogurt.  Memilih untuk yogurt yang tidak manis mampu untuk menjaga kandungan karbohidrat Anda tetap rendah dan mendapatkan protein serta karbohidrat.
 

© Copyright 2016