Rabu, 14 September 2016

Wouw... Niepce dan Cerita Pembuatan Foto Tertua di Dunia

| Rabu, 14 September 2016


Foto tertua di dunia yang masih bisa dilihat hingga saat ini dipotret oleh pionir fotografi Perancis bernama Joseph Nicephore Niepce. Proses pembuatannya pun melibatkan berbagai hal rumit, jauh berbeda dengan kondisi zaman sekarang. 

Cerita foto pertama di dunia ini berawal dari sekitar tahun 1816. Di masa itu, Niepce mulai tertarik untuk mengeksplor berbagai teknik baru dalam litografi dan mulai bereksperimen dengan macam-macam materi yang sensitif cahaya. 

Materi yang sensitif cahaya itu dipakai sebagai medium untuk mencetak gambar di permukaan sebuah plat logam atau batu. Niepce kemudian mengembangkan teknik heliografi yang memanfaatkan cahaya matahari, camera obscura (kotak ruang gelap), bitumen of Judea (sejenis aspal) dan teknik litografi untuk menghasilkan sebuah foto. 

Ini merupakan salah satu cara pemrosesan foto tertua yang diketahui. Caranya, dia melarutkan bitumen dan memakainya untuk melapisi sebuah plat logam. Plat tersebut kemudian dimasukkan ke dalam camera obcura dan dibiarkan terekspos cahaya dalam durasi waktu tertentu.

Bitumen yang terkena cahaya akan mengeras, sedangkan bagian yang tidak terkena cahaya akan tetap lunak. Saat plat dicuci menggunakan minyak lavender dan terpentin, bitumen yang lunak akan gugur, sementara yang keras akan tinggal dan membentuk gambar foto.

Teknik heliografi ini pada 1826, dipakai oleh Niepce untuk mencetak foto tertua di dunia yang masih bisa dilihat hingga sekarang. Foto tersebut dikenal dengan nama View from the Window at Le Gras dan menggambarkan sebuah pemandangan yang dilihat dari jendela lantai dua tempat tinggal pria itu.

Di zaman sekarang yang serba canggih, mungkin orang tak terbayang lagi betapa sulit dan rumitnya proses heliografi yang dipakai Niepce untuk mencetak foto itu. Agar bisa menghasilkan foto View from the Windows at Le Gras, Niepce mesti memprosesnya selama 8 jam.

Total ada 16 hasil cetak heliografi karya Niepce yang masih ada hingga saat ini, termasuk View from the Windows at Le Gras. Karya-karya tersebut tersebar dan disimpan di berbagai museum berbeda di seluruh dunia.

Saat ini View from the Windows at Le Gras sendiri disimpan sebagai bagian dari Gernsheim Collection di University of Texas.

Tiga lainnya, yaitu gambar Le Cardina d’Amboise, foto sebuah lokasi yang mirip dengan pemakaman, serta foto Yesus sedang memanggul salib, berada di tangan Royal Photographic Society.

Sedangkan sisanya tersebar di Museum Niepce, Societe Francaise de Photographie serta koleksi milik J. Niepce di Perancis.

Pada 1829, Niepce sempat bekerja sama dengan pionir fotografi lain, yaitu Louis Jacques Mande Daguerre, untuk mengembangkan teknik heliografi. Namun Niepce meninggal pada 1833, dan Daguerre pun melanjutkan penelitian tersebut hingga berhasil menciptakan teknik daguerreotype.

Kemudian pada 1839, Daguerre memperkenalkan teknik miliknya ke seluruh dunia dan mulailah era fotografi komersil. Teknik Daguerreotype terus dipakai hingga lebih dari 100 tahun setelah penemuannya.

Wouw... Niepce dan Cerita Pembuatan Foto Tertua di Dunia Reviewed by Kongyit™ Media On Rabu, 14 September 2016

thumbnailSaat ini kamu sedang membaca artikel "Wouw... Niepce dan Cerita Pembuatan Foto Tertua di Dunia" by Kongyit™ Media pada hari Rabu, 14 September 2016 waktu 16.03, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Wouw... Niepce dan Cerita Pembuatan Foto Tertua di Dunia ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Wouw... Niepce dan Cerita Pembuatan Foto Tertua di Dunia yang ada di blog Kongyit™ Media ini bisa bermanfaat bagi semuanya.


Related Posts